Sejarah

SEJARAH BERDIRINYA HMJ SASTRA ARAB FIB UNS

Ramadhan 2010, kami resmi menjalani kehidupan seorang mahasiswa baru jurusan sastra Arab angkatan pertama. Awal perkuliahan kami mendapat matrikulasi jurusan sastra Arab, berupa pengenalan mata kuliah dasar yang akan diajarkan di jurusan ini. Kami masih terlihat polos, belum saling kenal dan saling akrab satu dengan yang lain. Pendamping kami ketika SAMARU (Sambut Mahasiswa Baru) adalah dari BEM dan SKI, karena kami belum mempunyai senior untuk mendapingi saat itu. Maka disaat itu pula kami saling kenal satu sama lain. Mulai itu pula kami memiliki pengurus kelas yang akhirnya menjadi pengurus abadi dari semester pertama hingga akhir.

Pada hari terakhir matrikulasi jurusan kami menutupnya dengan buka puasa bersama dengan jurusan di ruang 202 gedung 4. Selepas buka puasa bersama maka kami berangkat shalat ke masjid kampus yang dulu belum tampak mewah seperti sekarang untuk shalat maghrib. Setelah kami melaksanakan kewajiban itu, pada akhirnya kami putuskan untuk pergi bersama-sama diwarung angkringan atao yang dikenal warung hik dibelakang kampus samping gerbang hokum. Najib, Khalil, Hafiz, Anwar, Didik, Robin, Heru yang bersama dari NH k warung hik, mungkin masih merasa lapar. Dimulailah obrolan kecil tentang himpunan mahasiswa jurusan, yang kami gawangi. Pertama usuluan bagai mana teknisnya, apa saja seksinya? Kami hanya menulis seksinya, yang pada awalnya sangat banyak. Langkah awal yang kami lakukan adalah penginformasian kepada teman-teman yang lainnya. Orang pertama yang menjadi pionir dalam hal ini adalah Didik, dengan hasil keputusan ini maka keesokan harinya kami adakan rapat setelah kuliah.

Dimulai dari pembentukan pengurus, bidang-bidang hmj. Bidang-bidang yang kami bentuk adalah pembelajaran, kesenian, olahraga, jurnalistik, dakwah, humas, dokumentasi kegiatan. Bidang inilah yang awal mulanya merupakan struktur pertama yang dibentuk dan semua mahasiswa sastra Arab masuk menjadi anggota bidang dan pengurus. Pada saat itu pula lah belum ada nama untuk HMJ ini, hingga akhirnya ketua mensayembarakan kepada mahasiswa sastra Arab untuk membikin nama. Hasilnya tersaring dua nama, adalah PASAR (Pasukan Sastra Arab), Dan QIS’AR (Qismu Al Adab Al ‘Arabiy), nama pertama terkesan unik tetapi kurang estetis, pilihan kedua adalah menjadi tujuan bersama, nama tersebut juga adalah nama dari terjemahan bahasa Indonesia ke Bahasa Arab himpunan Mahasiswa Jurusan Sastra Arab. Hingga pembahasan akhirnya bidang-bidang itu menjadi berubah setelah kembali kami kaji bersama di kelas, akhirnya kami menemukan susunan yang pas pada saat itu dan kami anggap sudah mencakup semuanya, yaitu Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris I, Sekretaris II, Bendahara I, Bendahara II, Seksi Pembelajaran, Seksi Keagamaan, Seksi Humas, Seksi Jurnalistik, Seksi Olahraga, Seksi Kaderisasi dan yang lainnya adalah anggota

Beberapa bulan kami berlalu, hingga kami pengurus merasa kurang akrab antara satu dengan yang lain, karena garingnya acara yang diberikan oleh SKI ketika SAMARU saat itu. Maka kami bersama-sama berpikir untuk segera mengesahkan HMJ menjadi bagian dari FSSR saat itu. Proses demi proses kami lalui hingga mengalami tiga kali penolakan ke bidang mahasiswa karena kesalahan format tulisan pengajuan dan peresmian HMJ. Pada akhirnya kami bisa menembus birokrasi kemahasiswaan saat itu pula kami langsung mengadakan rapat pra pelatikan dan launching dibalai kambang kemudian mencari format pelantikan, referensi berkas pelantikan, daftar HMJ, HMP, BEM, SKI dan UKM FSSR untuk pelaksanaan launching dan pelatikan pengurus HMJ SASTRA ARAB. Selain itu kami juga mengundang semua pihak Dekanat dari Dekan FSSR hingga PD III. Kegiatan ini juga kami meriahkan dengan bazaar makanan gratis khas timur tengah yang kami bagikan di FSSR. Hadirnya kami di FSSR disambut dengan suka cita dengan harapan-harapan yang dapat melambungkan nama sastra Arab dan FSSR. Kami dilantik dan dilaunching pada tanggal 14 Juni 2011, dan tanggal itulah yang menjadi hari lahir atau milad dari HMJ.

Pelantikan dan Launching berlalu hingga 7 hari setelahnya, kami memperoleh dana dari IOM saat itu yang akhirnya kami gunakan sebagai modal kegiatan HMJ, kegiatan perdana kita adalah Makrab Sastra Arab 2010 di Segoro Gunung, Ngargoyoso, Kr.Anyar, yang kepanitiaannya kami pegang sendiri. Kemudian berlanjut ke kegiatan luar HMJ hingga dalam HMJ. Kegiatan luar HMJ salah satunya adalah pendelegasian undangan lomba, serta pengadaan kegiatan yang lingkupnya SMA se Solo raya, yaitu Arabic Fair I. Kegiatan dalam HMJ salah satunya adanya forum diskusi mata kuliah, penyusunan AD ART HMJ yang kami lakukan setelah pelantikan. Pergantian pengurus HMJ, kami lakukan 2 tahun setelahnya, dengan periode berikutnya selama 1 tahun.

 

SUSUNAN PENGURUS AWAL

HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN

QISMUL  ADAB AL-‘ARABIY (QIS’AR)

FAKULTAS SASTRA DAN SENI RUPA

UNIVERSITAS SEBELAS MARET

 

Ketua Umum HMJ          : Prasinggar Hafiz Al Suffi

Wakil Ketua HMJ           : Ahmad Kholilurrohman

Sekretaris HMJ                    : Muhammad Anwar Shodiq, Yuma Farkhati

Bendahara HMJ                 : Annisa Dewi F., Justina Zahrotul U

Seksi-Seksi HMJ

Sie. Bidang Humas                : M. Rifai, Nurul Fatimah, Adiriyanto N.M.I, Wahyu Ardianti Woro S.

Sie. Bidang Kaderisasi         : Muhammad Muqtaf H, Didik Sapto Anggoro, Rendi Setiawan, Amrina Rosyada, Rizqi Choirunisak

Sie. Bidang Jurnalistik         : Miranti Kencana W, Aminah, Anisak Syaid F, Reni ATS.

Sie Bidang Olahraga              : Muchfid Syaifudin, M. Rofiin Najibullah, Muqorobin, Dwi Cahyaningsih, Alumi Afita R.

Sie. Bidang Keagamaan       : Tahan Uji, Siti ‘Aisyah, Joko Priyanto, Fitri Rustiani, Ita Lailatun N.

Sie, Bidang Pembelajaran   : Fita Nafisa, Melia S.M, Ahman Sofyan M, Arif Nur R.

Anggota                                         : Selain yang diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website