Teater OASE 2015 “SULAIMAN AL-HAKIM”

upload

Teater Oase adalah kelompok kerja Teater kampus yang berada dibawah naungan Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Sastra Arab Qis’ar Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta. Teater Oase adalah satu-satunya Teater yang mengangkat naskah-naskah asli Timur Tengah khususnya naskah karya sastrawan Mesir dan satu-satunya Teater di Solo yang mengadakan pementasan berbahasa Arab.

Awal mulanya berawal dari keinginan mahasiswa Sastra Arab UNS mainstream sastra untuk mengimplementasi dan mengapresiasi mata kuliah kajian drama, maka dibuatlah sebuah pertunjukkan kecil di ruang kelas. Dengan kuota kelas yang sangat minim, salah satu mahasiswa memberikan ide agar pementasan drama mampu menjadi salah satu produk atau wadah kreativitas mahasiswa Sastra Arab UNS khususnya dalam bidang seni dan teater.

Teater Oase dibentuk pada tanggal 11 November 2013 yang memiliki ciri khas dan tujuan untuk memperkenalkan karya sastra Timur Tengah melalui dialog dan akting di dalam sebuah pertunjukan drama.

Pada tanggal 8 Januari 2014, Teater Oase telah menyelenggarakan pementasan perdana yang bertajuk “Tragedi Harut Marut” karya sastrawan Mesir ‘Ali Ahmad Bakatsir dengan tema “Karena kilau membuat lupa”. Tema tersebut diangkat karena pada masa itu Indonesia, khususnya Solo mengalami sebuah krisis ekonomi dan mental, yang membuat banyak penduduknya menjadi lupa akan hakikat mereka sebagai seorang manusia dan sebagai hamba dihadapan Allah SWT.

Pementasan kedua diselenggarakan pada tanggal 1 Desember 2014. Pementasa kedua ini bertajuk “Ahlul Kahfi” karya Taufiq Al-hakim dengan mengangkat tema “Manusia Penantian”. Sebuah kegelisahan yang dirasakan waktu itu oleh masayarakat Indonesia yang menanti adanya kebebasan dan kemerdekaan yang utuh. Kemerdekaan yang dapat dirasakan seluruh masyarakat, bukan hanya kebebasan bagi segolongan kaum saja. Pementasan kedua ini sangat diapresiasi oleh berbagai pihak seperti budayawan, mahasiswa, dan rekan-rekan Teater se-Surakarta.

Pementasan ketiga yang akan dilaksanakan tahun ini, Teater Oase mengangkat naskah yang bertajuk “Sulaiman Al-Hakim” karya Taufiq Al-Hakim dengan tema “Keajaiban yang membutakan”.. pementasan ketiga ini akan diselenggarakan pada tanggal 23 Desember 2015 di Taman Budaya Jawa Tengah. Biasanya dalam pementasan drama ini terdiri dari serangkaian acara, diantaranya pementasan Teater berbahasa Arab oleh Teater Oase dan diskusi dengan kelompok mahasiswa-mahasiswa sastra Arab. (Amir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website